Logo kotaperwira.com

Expo Potensi Desa Tandai Penarikan KKN Unsoed

Purbalingga – Gelar expo potensi ekonomi desa, menandai penarikan 324 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pos Pemberdayaan Keluarga (KKN POSDAYA) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, di Purbalingga. Gelar expo diikuti 32 stand yang menampilkan berbagai potensi ekonomi desa lokasi KKN di wilayah kecamatan Bojongsari dan Mrebet. Kerajinan batik tulis desa Galuh kecamatan Bojongsari menjadi salah satu potensi yang dipamerkan. Bukan saja bentuk jadi hasil batik tulis, namun para mahasiswa yang ber-KKN didesa itu menyuguhkan praktek membatik di lokasi expo.

“Semua potensi di desa, kami hadirkan dalam expo ini. Seperti kerajinan batik tulis Galuh, sapu Hamada asal desa metenggeng, jamu tradisional desa Beji dan lainnya. Termasuk berbagai hasil kreasi pendampingan para mahasiswa,” kata koordinator mahasiswa kabupaten, Mohammad Ridwan Darmawan di Aula Balai desa Metenggeng kecamatan Bojongsari, Senin (22/8).

Salah satu kreasi mahasiswa, ujar Ridwan, adalah produk kripik bonggol pisang hasil pendampingan Fitria Kusuma Wardani, salah seorang mahasiswa Fisip Unsoed Purwokerto. “Kita ingin mengangkat potensi bonggol pisang yang selama ini terbuang. Padahal bagian akar dari pohon pisang ini bisa diolah menjadi cemilan. Hanya saja tidak semua bonggol pisang enak untuk dibuat keripik,” tutur Fitria sembari memamerkan dua versi hasil olahan keripik bonggol pisang yakni rasa asin dan rasa pedas.

Expo yang diadakan mahasiswa KKN Posdaya Unsoed Purwokerto mendapat perhatian dari Asisten Pemerintahan Sekda Purbalingga Kodadiyanto SH MM dan Rektor Unsoed Prof. Edi Yuwono Phd.

Sebelumnya Kodadiyanto yang mewakili Bupati Purbalingga, menyerahkan para mahasiswa KKN Unsoed kepada Rektor Prof. Edi Yuwono. Dia menuturkan, sekecil apapun yang telah diperbuat para mahasiswa di lokasi KKN tentu bisa bermanfaat bagi masyarakat. Ia juga mengakui, kegiatan para mahasiswa bisa memberikan dorongan bagi Pemkab Purbalingga untuk tetap semangat dalam membangun Purbalingga lebih maju.

Sementara itu Rektor Unsoed Prof Edi Yuwono Phd berharap kegiatan KKN tidak saja bermanfaat bagi Pemkab dan masyarakatnya. Namun para mahasiswa juga diminta mampu memetik manfaat lebih besar dalam membangun empati pada kehidupan di masyarakat.

Pada waktu bersamaan, Unsoed Purwokerto juga menarik seluruh mahasiswa KKN Posdaya dan Tematik yang diselenggarakan di Kabupaten Banyumas, Cilacap, Pemalang, Brebes dan Kebumen. Sedangkan khusus KKN Mitigasi Bencana di Kabupaten Banjarnegara telah selesai Sabtu (20/8) kemarin.

Tags: , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42