Logo kotaperwira.com

Empat Program Tim Penggerak PKK Purbalingga Dinilai Provinsi

PURBALINGGA – Empat program Tim Pengerak PKK Kabupaten Purbalingga, dinilai tim evaluasi pelaksanaan 10 program pokok PKK tingkat Provinsi Jawa Tengah. Keempat program itu adalah tertib administrasi diwakili PKK Desa Cipawon Kecamatan Bukateja, Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT) Kelurahan Kembaran Kulon Kecamatan Purbalingga. Kemudian UP2K-PKK Desa Kedungjati Kecamatan Bukateja dan program Hatinya PKK diwakili PKK Desa Limbasari Kecamatan Bobotsari.

“Desa Cipawon menjadi sampel pelaksanaan evaluasi 10 program pokok PKK dan lomba tertib administrasi karena kegiatan 10 program pokok PKKnya paling menonjol dibanding desa lainnya,” ungkap Ketua TP PKK Kabupaten Ny. Sudarli Heru Sudjatmoko saat menerima tim penilai tingkat Provinsi Jateng di Oproom Graha Adiguna, Selasa (13/12).

Tim yang berjumlah 6 orang juga diterima oleh Bupati Purbalingga Drs H Heru Sudjatmoko M.Si dan seluruh pengurus TP PKK Kabupaten, Ketua TP PKK Kecamatan, Dewan Penyantun Kabupaten dan Kecamatan. Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Jawa Tengah Ny. Bibit Waluyo yang datang di Purbalingga tidak bersama tim penilai. Dia tiba di Purbalingga langsung menuju desa Cipawon Kecamatan Bukateja setelah terlebih dahulu singgah di sekretariat TP PKK Kabupaten. Istri Gubernur Jawa Tengah ini, baru saja pulang dari Jakarta mendampingi Gubernur menerima penghargaan Pengelola PAUD Terbaik tingkat nasional.

Di aula Balai Desa Cipawon, Ny Bibit Waluyo menuturkan Jawa Tengah merupakan cikal bakalnya gerakan PKK. Oleh karenanya, kalau Jateng PKK-nya mlempem atau mandeg tentu akan mengecewakan para pendahulunya. “Program Bangga Puri Gedeh merupakan program TP PKK Jateng yang bertujuan mempercepat tercapainya kesejahteraan masyarakat di jateng melalui pelaksanaan 10 program pokok PKK,” ungkapnya.

Dari 34 Kabupaten/Kota, lanjutnya, telah ditetapkan 9 besar Kabupaten/Kota yang akan dievaluasi pelaksanaan program-program PKK-nya. Kesembilan daerah itu, yakni Kabupaten Cilacap, Jepara, Karanganyar, Klaten, Purbalingga, Rembang, Kota Semarang, Sukoharjo dan Kabupaten Wonosobo. Purbalingga dan Kota Semarang merupakan dua daerah yang berhasil mengikutkan seluruh bidang lomba untuk dievaluasi. “Penilaianya dilakukan di tingkat Kabupaten/Kota. Sehingga evaluasi ke tingkat desa hanya sebagai sample pelaksana terbaik tingkat kabupaten. Desa Cipawon mempunyai dua beban penilaian yakni sebagai sample pelaksanaan 10 program pokok PKK dan lomba tertib administrasi,” tambahnya.

Dia menegaskan, evaluasi 10 program pokok PKK bukanlah lomba. Evaluasi dilakukan untuk memilih pelaksana terbaik 10 program pokok PKK sebagai penghargaan kepada pelaksana gerakan PKK.

Sementara itu, Bupati Purbalingga Drs H Heru Sudjatmoko M.Si mengatakan evaluasi yang dilakukan tim Provinsi dapat menjadi inspirasi bagi Pemkab untuk terus memberikan perhatian kepada TP PKK. “Pemkab terus melakukan sinergi dengan PKK agar program-program Pemkab dapat langsung dilaksanakan hingga ke tingkat masyarakat,” katanya.

Selain meninjau Cipawon, tim juga melakukan peninjauan lapangan di Kelurahan Kembaran Kulon (Purbalingga), Desa Kedungjati (Bukateja) dan Desa Limbasari (Bobotsari).

Tags: , , , , ,  , contoh proposal kegiatan pkkcontoh pidato 10 program pokok pkk10 program pokok pkk kab semarang
Source: Purbalinggakab

Leave a Reply

close(x)
Pasang Iklan