Logo kotaperwira.com

Elpiji 3 Kilogram Menghilang di Pasaran Karangmoncol

Purbalingga – Warga beberapa desa di wilayah Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah mengeluhkan sulitnya mencari elpiji 3 kilogram. Dari sekitar empat penjual besar yang ada, tak ada lagi yang memiliki stok untuk dijual.

Suhar, salah satu warga Pepedan mengaku sudah tiga hari terakhir tidak menggunakan gas tiga kilogram. Pasalnya sangat susah mendapatkan barang itu. Pernah beberapa waktu lalu sebelum minggu terakhir puasa, harga sudah melambung sampai Rp 17.000. Padahal per tabung biasanya paling tinggi Rp 15 ribu – Rp 16 ribu.

“Saya takut hanya permainan di tingkat distributor dan mengaku langka. Padahal akan ada kenaikan harga yang sangat tinggi karena susah stoknya. Untuk mencari ke daerah lain, saya malas dan tetap membuang waktu dan biaya,” katanya.

Dirinya meminta jajaran terkait segera menindaklanjuti kondisi ini. Karena menjelang lebaran dan akhir puasa ini, kebutuhan pemakaian elpiji meningkat tajam. Jika hari biasa dalam satu bulan hanya memakai elpiji tiga kilogram satu tabung. Saat ini belum genap sebulan sudah minta isi ulang.

Teguh, warga Grantung juga mengaku di wilayahnya juga kesulitan mencari isi ulang gasl elpiji 3 kilogram. Setidaknya sejak seminggu terakhir. Pihaknya tidak mengetahui penyebabnya. “Soalnya, jika di warung eceran ada, jumlahnya hanya satu dua saja dan harganya mencapai Rp 17 ribu perkilonya,” ujar pria yang juga Kepala Desa itu.

Sampai saat ini warga juga masih kesulitan mencari tabung isi ulang itu. Hanya saja karena sudah merupakan bahan kebutuhan yang memang mendukung keperluan rumahtangga, ada yang mencari dengan harga tinggi.

“Harusnya ada pengecekan dan diketahui pemerintah melalui dinas terkait agar kelangkaan ini tidak berlarut hingga lebaran dan seterusnya. Silakan saja jika harga akan naik, tapi selain wajar tak mencekik, stok juga harus siap dan ada,” tambahnya.

Sementara itu, dalam beberapa kesempatan rapat koordinasi sebelumnya terkait kecukupan bahan kebutuhan pokok, pemerintah mengaku akan terus berkoordinasi dan menjaga ketersediaan barang kebutuhan masyarakat menjelang lebaran. Stok beberapa kebutuhan pokok termasuk elpiji 3 kilogram juga dinilai tak ada masalah.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42