Logo kotaperwira.com

Dua Bulan, Sekolah Baru Terima Blanko Ijasah Lulusan SMK

PURBALINGGA – Memasuki minggu ketiga Juli ini, ijasah lulusan SMK di kabupaten Purbalingga masih dalam tahap pengisian. Sejak kelulusan awal Mei lalu, ijasah lulusan SMK belum bisa dibagikan. Kabarnya, semua sekolah jenjang SMK dimanapun mengalami keterlambatan seperti tahun sebelumnya.

Kabid Pendidikan Menengah Dindik kabupaten Purbalingga, Subeno MSi mengatakan, kondisi itu terjadi secara menyeluruh untuk semua SMK di kabupaten/kota. Hal itu terjadi karena pengisian penilaian dilaksanakan untuk berbagai rumpun. Mulai Sabtu (14/7), blanko isian ijasah baru dikirimkan.

“Ijasah sudah dibagikan ke sekolah untuk diisi. Kemudian secepatnya dibagikan kepada siswa. Lebih cepat lebih baik,” jelasnya, Senin (16/7).

Subeno kembali mengatakan, selama ijasah maupun daftar nilai belum ada, siswa bisa menggunakan surat pengantar atau surat keterangan lulus dari sekolah. Biasanya ada keterangan lengkap, mulai dari nilai dan foto serta identitas lainnya.

“Selama ini tidak ada masalah terkait molornya pembagian ijasah SMK. Kemungkinan setiap tahun akan sama seperti ini kondisinya. Karena saking banyaknya rumpun di SMK,” tambahnya.

Kepala SMKN 1 Purbalingga, Kamson mengakui, jika Sabtu (14/7) kemarin baru menerima blanko pengisian ijasah untuk ditulis tangan. Senin (16/7) dilakukan rapat, termasuk pengisian transkirp nilai siswa.

“Kami berprinsip akan segera menyelesaikan penulisan ijasah. Karena meskipun sudah lama jaraknya dengan kelulusan, ijasah tetap menjadi hak siswa,” katanya, kemarin (16/7).

Kamson mengatakan, penulisan ijasah akan dilakukan dengan melibatkan lima orang penuli. “Kami berupaya agar pengisian blanko ijasah cepat selesai dan tidak ada kesalahan penulisan, nama dan lainnya,” katanya.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42