Logo kotaperwira.com

Diwacanakan Penyeragaman Biaya Pendidikan dalam Satu Zona

Purbalingga – Bervariasinya sumbangan pendidikan di Kabupaten Purbalingga menjadi perhatian bagi Komisi C DPRD. Melalui rancangan peraturan daerah (raperda) prakarsa tentang pembiayaan pendidikan, Komisi C mewacanakan perlunya penyeragaman sumbangan pendidikan dalam satu zona.

“Selama ini biaya pendidikan di Kabupaten Purbalingga sangat variatif sehingga menimbulkan persaingan yang kurang sehat antara sekolah satu dengan yang lainnya. Kami mewacanakan, sekolah dalam satu zona menerapkan biaya pendidikan yang sama karena kebutuhannya juga hampir sama,” tutur Ketua Komisi C DPRD Purbalingga, HR Bambang Irawan SH.

Mekanisme penarikan sumbangan pendidikan tersebut juga harus dibenahi. Jangan sampai, besar kecilnya sumbangan yang diberikan wali murid menjadi indikator atau menentukan diterima atau tidaknya calon peserta didik baru.

Selama ini, pihaknya mendapat banyak keluhan dari orang tua siswa yang merasa bingung saat disodori daftar sumbangan pada waktu penerimaan siswa baru. “Khususnya bagi orang tua yang tidak mampu. Mau mengisi dengan nominal sedikit takut anaknya tidak diterima, mau mengisi banyak tidak mampu. Mestinya, ada mekanisme agar sumbangan seperti itu dilakukan setelah status siswa sudah jelas,” tambahnya.

Komisi C telah melakukan public hearing tentang pembiayaan pendidikan tersebut dengan sejumlah perwakilan masyarakat. Komisi C berharap, raperda prakarsa DPRD tentang pendanaan pendidikan akan berpihak pada masyarakat sehingga terwujud pendidikan dengan pembiayaan yang rasional, terjangkau dan berkualitas.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42