Logo kotaperwira.com

Dinsosnakertran Purbalingga Salurkan Dana Jaminan Sosial

Purbalinga – Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertran) kabupaten Purbalingga menyalurkan Dana Jaminan Sosial dari Kementeriaan Sosial RI kepada 137 penderita cacat dan lanjut usia. Alokasi dana jaminan sosial bagi kabupaten Purbalingga terdiri dari Jaminan Sosial Orang dengan Kecacatan Berat (JSODK Berat) untuk 87 orang. Lainnya adalah Jaminan Sosial Lanjut Usia Terlantar Berat (JSLU Berat) untuk 50 orang. Mereka masing-masing mendapat uang tunai sebesar Rp. 300 ribu perbulan untuk kurun waktu 1 tahun.

Kepala Dinsosnakertran Ngudiarto SH menuturkan, program ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan dasar para penyandang cacat sehingga dapat meningkatkan taraf kesejahteraannya. Kebutuhan dasar itu antara lain sandang, pangan, air bersih, dan perawatan sehari-hari. Bantuan dana jaminan sosial bagi penderita cacat berat, lanjut Ngudiarto, diberikan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp 300 ribu per bulan selama setahun.

“Sasaran penerima bantuan adalah kecacatannya tidak dapat direhabilitasi, bergantung pada bantuan orang lain dan diutamakan dari keluarga kurang mampu,” jelas Ngudiarto usai penyerahan secara simbolis pada upacara 17-an di halaman Pendopo Dipokusumo Purbalingga, Senin (17/10).

Penyerahan dana jaminan sosial dilakukan oleh Wakil Bupati Drs H Sukento Ridho Marhaendrianto, kepada sejumlah perwakilan penyandang cacat dan lanjut usia penerima bantuan.

Terpisah, Kabid Sosial pada Dinsosnakertran Drs Bambang Kadarisman M.Si menambahkan, selain menyalurkan dana jaminan sosial, pihaknya juga menyerahkan sejumlah kursi roda bagi pemohon di wilayah kecamatan Mrebet dan Bukateja.

“Khusus bantuan kursi roda diserahkan langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Purbalingga Ny. Sudarli Heru Sujatmoko bersama wakilnya Ny. Erna Sukento,” ujar Bambang.

Menurut dia, bantuan kursi roda diberikan kepada Kherun (46) dan Kasmuri (55) keduanya asal desa Sangkanayu kecamatan Mrebet. Kemudian Ragil (22) dan Suhimah (18) warga desa Selagenggeng, Mrebet serta Teguh Pribadi (63) warga desa Wirasaba kecamatan Bukateja.

Tags: , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42