Logo kotaperwira.com

Diklat Penguatan Calon Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah di Purbalingga

Purbalingga – Kepala Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Surakarta Prof Dr Siswandari MStat mengatakan pengawas dan kepala sekolah harus pinter, kober dan bener. Jika ketiga prinsip itu dapat dilaksanakan, kegiatan belajar mengajar di institusi pendidikan yang diawasi atau dipimpin, akan berjalan menuju tujuan yang diharapkan.

Pinter maksudnya, pengawas dan kepala sekolah selain harus memenuhi kualifikasi pendidikan, juga dituntut cerdas baik secara intelegensia, emosional maupun spiritual,” tegasnya dalam Pembukaan Diklat Penguatan Calon Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga bekerjasama dengan LPPKS Surakarta di Andrawina Convention Center Kompleks Owabong Cottage, Senin (19/9).

Kober‘, lanjut dia, berarti mampu meluangkan waktu untuk menolong institusi yang diawasi atau dipimpin dengan prinsip mengabdi kepada Tuhan. Ikhlas menjadi tuntutan yang akan membuahkan hasil yang sangat luar biasa, bagi pengawas dan kepala skeolah yang menginginkan institusi yang diawasi dan dipimpinnya berkembang pesat dan mampu meluluskan generasi terbaik di masa depan.

“Kober ini ya termasuk punya waktu untuk terus belajar, melihat lebih dekat segala persoalan, mencari solusi dari segala permasalahan yang ada, serta memiliki waktu yang memadai untuk mengkoordinir yang dipimpin atau diawasi,” imbuhnya.

Yang tak kalah penting, menurut Siswandari, pengawas dan kepala sekolah harus ‘bener‘. Maksudnya, jangan samapai pengawas atau kepala sekolah mempertaruhkan integritas dan nama baiknya dengan melakukan sesuatu yang bertentangan dengan kebenaran.

“Jangan sampai, pengawas dan kepala sekolah melakukan sesuatu yang tidak benar, untuk selanjutnya hanya akan mempermalukan diri sendiri, keluarga, insitusi, dan daerahnya,” lengkapnya lagi.

Diklat Seminggu Penuh

Kegiatan Diklat yang diikuti 65 calon kepala sekolah se-Kabupaten Purbalingga, 15 calon pengawas se-Kabupaten Purbalingga ditambah 5 orang calon pengawas titipan dari kabupaten Magelang ini akan berjalan selama 6 hari kedepan. Dalam waktu seminggu hari kerja ini, para calon pengawas dan kepala sekolah akan dididik oleh para tutor dari LPPKS Surakarta untuk mampu mengelola institusi yang akan diawasi atau dipimpinnya.

LPPKS Surakarta menjadi satu-satunya lembaga pendidikan resmi di bawah Kementrian Pendidikan RI yang salah satu tugasnya menyiapkan kompetensi calon-calon pengawas dan kepala sekolah. Penyelenggaran Diklat yang dibiayai APBD Kabupaten Purbalingga (DID) ini, dibuka oleh kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga Heny Ruslanto SE dan rencananya akan ditutup secara resmi oleh Bupati Purbalingga Drs H Heru Sudjatmoko MSi, Sabtu (24/9).

Tags: , , , ,  , lppks soloLPPKS Surakartaowabong cottagelembaga pengembangan dan pemberdayaan kepala sekolahlppks
Source: Purbalinggakab

Leave a Reply

close(x)
Pasang Iklan