Logo kotaperwira.com

Di Purbalingga, Ikan Konsumsi Semakin Dicari

PURBALINGGA – Konsumsi masyarakat Purbalingga terhadap ikan tahun ini dinilai meningkat. Hal itu terlihat dari ramainya transaksi di tempat penjualan ikan (TPI) Purbalingga tiap harinya. Paling tidak lima jenis ikan yang menjadi primadona masyarakat untuk dikonsumsi yaitu lele, bawal, nila, patin dan gurami.

Tiap pedagang, rata-rata mampu menjual dua kuintal ikan konsumsi per hari. Di TPI Purbalingga sendiri terdapat lima pedagang tetap. Namun jika hari pasaran, dipastikan pedagang akan bertambah dua kali lipat.

Salah satu pedagang, Solihin mengatakan, meskipun transaksi lesu, dua kuintal ikan konsumsi dipastikan terjual tiap hari. Jika sedang ramai, ia mengaku, bisa menjual hingga dua kali lipat. “Biasanya mereka yang beli bukan hanya untuk dikonsumsi sendiri. Kadang juga untuk menyuplai rumah makan,” katanya kepada suaramerdeka.com.

Ikan tersebut sebagian besar dipasok dari peternak ikan di Kabupaten Purbalingga. Adapun ikan yang didatangkan dari luar daerah hanya sebagian kecil saja seperti dari Kabupaten Banyumas, Banjarnegara dan Cilacap.

Harga ikan per kilogram untuk lele Rp 13 ribu, patin Rp 17 ribu, gurami Rp 30 ribu, bawal Rp 13 ribu dan nila Rp 17 ribu. Harga tersebut dinilai selalu stabil dari bulan ke bulan.

Sementara itu, Kepala TPI Purbalingga, Juremi mengatakan, dibanding dengan dua tahun lalu tingkat tansaksi mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Awalnya hanya terdapat dua pedagang ikan konsumsi, namun kini sudah mencapai lima orang. “Perputaran uang juga cukup tinggi, mencapai Rp 100 juta tiap harinya,” katanya.

Dikatakan, kenaikan itu dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain meningkatnya pendapatan masyarakat dan kesadaran untuk mengkonsumsi ikan semakin tinggi. Faktor lain adalah ikan yang dijual di TPI Purbalingga benar-benar ikan segar yang masih hidup, sehingga lebih diminati oleh konsumen.

Tags: , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42