Logo kotaperwira.com

Desa Slinga Lokasi TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2011

Purbalingga – Desa Slinga kecamatan Kaligondang menjadi lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I tahun 2011. Pemilihan Desa Slinga sebagai lokasi TMMD dinilai sangat tepat, seolah-olah terintegrasi dengan pembangunan Bendung Slinga dan Pasar Pagi.

Komandan Kodim 0702 Purbalingga Letkol Arm Jati Bambang Priyambodo SIP mengatakan Desa Slinga terpilih menjadi sasaran pembangunan pada TMMD kali ini setelah melalui observasi yang menghasilkan beberapa kesimpulan. Beberapa diantaranya karena masyarakat Slinga memang sangat membutuhkan pembangunan jalan untuk memperlancar lalu lintas dan ekonomi, disamping masyarakatnya memang memiliki semangat gotong royong yang sangat tinggi.

Dandim mengatakan selama bertahun-tahun TMMD berhasil memberikan kontribusi nyata terhadap kemajuan pembangunan terutama di desa-desa terpencil dan masih terisolasi. TMMD Sengkuyung ini, kata dia, hanya ada di Jawa Tengah.

“Program TMMD dilaksanakan untuk membantu pemerintah dalam upaya memberdayakan wilayah pertahanan. Selain itu, TMMD juga diharapkan dapat membantu mewujudkan aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan,” kata Dandim saat membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat Jend. TNI George Toisutta selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD pada upacara pembukaan TMMD Sengkuyung tahap I di Lapangan desa Slinga, Rabu (1/6).

Upacara pembukaan TMMD, dihadiri Bupati Purbalingga Drs. H Heru Sudjatmoko M.Si, Wakil Ketua DPRD Adi Yuwono, Jajaran Muspida dan Dinas/Instansi terkait.

TMMD Sengkuyung tahap I akan mengerjakan pembangunan fisik berupa pengerasan jalan sepanjang 1.080 x 3 meter, membuat 3 buah gorong-gorong 0,50 x 4 meter, jembatan plat beton dengan volume 5 x 4 x 2,5 meter dan talud 0,40 x 0,30 x 1,5 x 195 meter. Program TMMD Sengkuyung kali ini dibiayai Rp. 199 juta dari APBD Provinsi Jateng Rp. 149 juta dan APBD kabupaten Purbalingga Rp. 50 juta.

“Untuk TMMD Sengkuyung akan dilaksakanan 1 – 21 Juni ini. Tiap hari melibatkan personil dari Kodim 40 orang, tim Tibmas Polres 2 orang. Dari Bapermas, Bappeda dan tim tehnis DPU masin- masing 1 orang. Selain itu juga dukungan dari masyarakat 50 orang,” kata Perwira Proyek Kapt. Inf DS Cahyadi.

Disamping pembangunan fisik, TMMD Sengkuyung juga akan melaksanaan pembangunan non fisik berupa penyuluhan. Beberapa materi penting yang akan disampaikan, terutama tentang pentingnya kesadaran bela negara dan antisipasi gerakan-gerakan yang mengancam keutuhan NKRI baik berupa separatisme, pemberontakan, maupun terorisme.

http://purbalinggakab.go.id/berita/desa-slinga-lokasi-tmmd-sengkuyung-tahap-i

Tags: , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42