Logo kotaperwira.com

Desa Pepedan Karangmoncol Rintis Kembali Batik Tulis

KARANGMONCOL – Pemerintah Desa Pepedan kecamatan Karangmoncol akhir-akhir ini semakin serius menggarap kembali produk batik tulis kain. Sebanyak 40 ibu rumah tangga di Desa Pepedan mengikuti pelatihan membatik yang dipusatkan di pendopo desa. Pelatihan digelar untuk mendukung regenerasi pembatik. Pasalnya, setelah mengalami putus regenerasi beberapa tahun lalu, perajin batik di Pepedan tinggal dua orang.

Sekdes Pepedan, Riyadi SSos mengatakan, upaya pelatihan dan menggali kembali potensi batik bagi para ibu rumahtangga maupun warga lainnya bertujuan merintis munculnya kembali sentra batik di desa Pepedan. Selain itu dari sisi ekonomi, pengembangan batik dinilai mampu meningkatkan dan mendukung pemenuhan kebutuhan hidup warga.

“Kita bekerjasama dengan Tim dari PNPM Integrasi dan Tirta Mas. Dengan dana sekitar Rp 32 juta dan swadaya. Kami berharap akan muncul banyak perajin batik tulis. Apalagi, sudah ada yang akan menampung produk hasil mereka,” papar Riyadi, Rabu (28/12) saat acara penutupan pelatihan.

Sementara itu, Ketua Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) PNPM Kerangmoncol, Imam Riyadi mengatakan siap memfasilitasi permodalan bagi para perajin baru itu usai pelatihan. Nantinya akan dibuat kelompok meski peminjam tetap perorangan.

“Melalui simpan pinjam perempuan (SPP), kita akan bantu mereka. Dengan plafon Rp 5 juta per orang. Kalau sudah lebih dari satu periode pinjaman, bisa lebih besar. Nanti kita bantu dengan dengan jangka waktu pinjam 18 bulan,” paparnya, kemarin.

Ketua Tim Pengawas Kegiatan (TPK), Ngudino menambahkan, pihaknya berupaya secara total mengawal terbentuknya kembali para perajin batik di Pepedan. Sekaligus mampu menjadi tempat memproses batik mulai dari awal hingga finishing dan siap jual. “Nantinya ada pembabaran dan proses lainnya yang bisa dilakukan di desa kami,” ujarnya.

Dalam pelatihan itu, semua peserta menerima sertifikat pelatihan batik tulis. Mereka juga telah menghasilkan kain batik yang apik sejumlah 80 lembar. Setiap peserta telah membuat dua kain batik tulis saat pelatihan itu.

Tags: , , , ,  , desa pepedankali gintung pepedan
Source: Radar Banyumas

Leave a Reply

close(x)
Pasang Iklan