Logo kotaperwira.com

Dana Bantuan Sosial Harus Dikelola dengan Benar dan Tepat Sasaran

Purbalingga – Bupati Purbalingga Drs H Heru Sudjatmoko M.Si menyerahkan secara langsung bantuan sosial senilai Rp. 202,5 juta kepada 132 kelompok masyarakat. Bantuan sosial yang dianggarkan pada APBD Kabupaten Purbalingga 2011, terdiri dari pos bantuan penunjang pembangunan wilayah yang dikelola Bagian Pembangunan Setda sejumlah 60 proposal dengan total nilai Rp. 130,5 juta. Lainnya dari pos bantuan kegiatan keagamaan, olah raga dan kesenian yang dikelola Bagian Kesra Setda sejumlah 72 proposal dengan total nilai bantuan Rp. 72 juta.

Bupati Purbalingga Drs H Heru Sudjatmoko M.Si menuturkan dana bantuan sosial yang diberikan kepada kelompok masyarakat harus dekelola dengan benar, tepat sasaran dan dapat dipertanggungjawabkan secara administrasi. “Prosesnya harus benar. Siapapun yang mengajukan proposal harus diketahui kepala desa dan camat setempat. Karena ada ketentuan yang bisa mendapat bantuan pemkab harus kelompok masyarakat yang benar-benar legal,” katanya saat memberikan pengarahan pada acara Penyerahan bantuan Sosial Pemkab kepada Kelompok Swadaya Masyarakat se-Kabupaten Purbalingga di Pendopo Dipokusumo, Rabu (2/11).

Bupati juga meminta pengertian masyarakat apabila ada kelompok masyarakat yang belum dapat lengsung mencairkan bantuannya. Agar bantuan dapat tepat sasaran, bantuan juga harus diterima langsung oleh personil yang bertanda tangan di dalam proposal dan tidak boleh diwakilkan.

Menurut Bupati, permintaan bantuan sosial bisa sampai ke Pemkab langsung dari proposal yang dibuat oleh kelompok masyarakat. Bahkan bisa juga melalui anggota DPRD atas aspirasi masyarakat yang diwakilinya. Anggota dewan, tambah Bupati, bisa memfasilitasi masyarakat dengan menyampaikan proposal kepada Pemkab. “Itu boleh. Dan tahun ini jumlahnya lumayan banyak. Yang seperti ini, setelah dicairkan juga harus dapat digunakan dan dipertanggungjawabkan sesuai peruntukannya,” tandas Bupati.

Sementara itu, Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Ir Susilo Utomo M.Si membenarkan banyaknya proposal yang diajukan anggota dewan yang dapat disetujui bupati untuk mendapat bantuan sosial. Untuk pos bantuan penunjang pembangunan wilayah, lanjut Susilo, proposal yang diajukan anggota DPRD sejumlah 41 kegiatan yang tersebar di 15 Kecamatan. Untuk bantuan fisik ini, masing-masing dibantu Rp. 2,5 juta sehingga total bantuan sebesar Rp. 102,5 juta.

“Bansos untuk kegiatan keagamaan, olah raga dan kesenian sejumlah 72 proposal. Seluruhnya diajukan melalui anggota dewan. Masing-masing dibantu Rp. 1 juta, sehingga jumlah keseluruhan Rp. 72 juta,” jelasnya.

Sedangkan proposal yang diajukan langsung oleh masyarakat kepada Bupati jumlahnya 19 proposal. Besarnya bantuan masing-masing kegiatan bervariasi sesuai RAB dan hasil peninjauan lokasi. Total dana yang diserahkan Rp. 28 juta, seluruhnya untuk bantuan pembangunan fisik yang tersebar di 11 kecamatan.

Tags: ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42