Logo kotaperwira.com

Daftar Tunggu Haji Lama, Umroh Semakin Diminati

PURBALINGGA – Peminat masyarakat Purbalingga untuk pergi umroh ke Tanah Suci dalam tahun ini mengalami peningkatan. Daftar tunggu haji yang lama dinilai menjadi penyebabnya.

Kepala PT Arminareka Perdana Cabang Purbalingga, Muzni Tanwir mengatakan dibanding tahun lalu, peserta umroh yang melalui biro perjalanannya naik hingga 10 persen. Dikatakan, hingga Juni ini, biro perjalanannya sudah memberangkatkan 15 peserta umroh.

Pada Juli mendatang, ia akan memberangkatkan lagi lima peserta. “Bahkan untuk Januari tahun depan sudah ada yang mendaftar,” katanya, Minggu (24/6).

Naiknya jumlah peminat tersebut disebabkan adanya peraturan pemerintah tentang pendaftaran haji yang menggunakan sistem kuota. Hal itu membuat lamanya daftar tunggu haji bagi pendaftar. “Naik haji, daftarnya sekarang, berangkatnya 10 tahun lagi. Hal itu menjadi pertimbangan para pendaftar yang usianya sudah tua,” lanjutnya.

Pertimbangan itulah akhirnya mereka memilih untuk umroh terlebih dulu. Yang penting mereka sudah beribadah ke Makkah. “Faktor lain adalah kesadaran beragama sebagian orang yang juga bertambah.”

PT Arminareka Perdana memberikan paket umroh reguler dengan biaya $ 2.050 atau sekitar Rp 17,5 juta. Namun untuk paket umroh Ramadhan harganya lebih mahal lagi yaitu sekitar Rp 25 juta.

Senada, pemilik PT Aminareka Perdana, Siti Dewi Anjani mengatakan, pada tahun ini para peminat ibadah umroh di perusahaannya juga mengalami kenaikan hingga 10 persen. Pada bulan ini saja, ia sudah memberangkatkan tiga orang ke Tanah Suci atau sembilan orang sejak Januari.

Bahkan ia sempat menolak satu pendaftar karena waktu pendaftarannya mepet. “Untuk mengurus visa dan perizinan lainnya kan butuh waktu,” katanya.

Tags: , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42