Logo kotaperwira.com

Calon Haji Purbalingga Kloter 33 dan 34 Berangkat Hari Ini

Solo – Sebanyak 375 calon jemaah haji (calhaj) asal Kota Solo yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 32 akan diberangkatkan ke Arab Saudi dari Bandara Adi Soemarmo, Rabu (12/10), pukul 08.15 WIB.

Staf Humas Panitia Penyeleggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Zainal Abidin saat dijumpai wartawan di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Selasa (11/10/2011), mengungkapkan jemaah asal Solo tersebut sebelumnya telah tiba di asrama, Selasa, pukul 07.45 WIB. Selain itu, pada hari yang sama, calhaj asal Banjarnegara dan Purbalingga yang tergabung pada Kloter 33 dan calhaj asal Purbalingga dan Cilacap yang tergabung dalam Kloter 34 juga masuk Asrama Haji Donohudan.

“Untuk jemaah asal Solo, mereka dijadwalkan tiba di King Abdul Aziz International Airport di Jeddah pukul 16.15 WIB,” tutur dia.

Nantinya, calhaj asal Solo yang tergabung dalam Kloter 32 akan menempati pemondokan (maktab) Bakhutmah, yang jaraknya sekitar 2,5 kilometer dari Masjidil Haram di Mekah. Untuk itu, pihak PPIH berharap agar calhaj menyiapkan fisiknya secara prima. “Untuk pemondokan dari Bakhutmah tidak disediakan transportasi. Jadi mereka harus jalan kaki ke Masjidil Haram. Untuk itu, fisiknya harus prima betul,” tutur Zainal.

Pemondokan paling jauh untuk calhaj asal Indonesia, sambung Zainal, berada di Azizah I. Jarak maktab tersebut dengan Masjidil Haram mencapai kurang lebih 7 km. Sedangkan pemondokan terdekat, antara lain di Misfalah, Sibamir dan Sulaimanial yang berjarak sekitar 500 meter dari Masjidil Haram. “Untuk penentuan maktab, dilakukan dengan diundi. Panitia yang mengundi langsung dari pusat,” jelas dia.

Sementara itu, calhaj asal Embarkasi Solo yang mulai bergerak dari Madinah ke Mekah, Selasa, tidak menemui halangan. Mereka sebelumnya telah berada di Madinah sekitar sembilan hari, untuk menghindari terjadinya penumpukan. “Untuk itu, pemberangkatan calhaj dibagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama untuk Kloter 1-42 dibawa dahulu ke Madinah dan Gelombang dua untuk Kloter 43-91 langsung dibawa ke Mekah setelah mendarat di Jedah,” ungkapnya.

Terkait dengan jumlah pengantar calhaj ke Asrama Haji, menurut Zainal, telah mengalami pengurangan. Bahkan, hampir tidak ada pengantar calhaj asal Solo yang datang ke asrama. Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun Espos di Pospam Asrama Haji, seorang pengantar calhaj melaporankan kehilangan dompet pada Sabtu (8/10/2011). Menurut petugas keamanan setempat, dompet pengantar calhaj kemungkinan dicopet saat dirinya berada di tengah keramaian.

Jadwal pemberangkatan haji Embarkasi Solo di Bandara Adi Soemarmo, Rabu (12/10/2011):

  • Kloter 32 : Solo : 08.15 WIB
  • Kloter 33 : Banjarnegara dan Purbalingga : 14.00 WIB
  • Kloter 34 : Purbalingga dan Cilacap : 17.00 WIB
Tags: , , , , , , ,  , bandara terdekat dengan purbalingga
Source: Solo Pos

Leave a Reply

close(x)
Pasang Iklan