Logo kotaperwira.com

Buper Munjulluhur Jadi "Rebutan"

PURBALINGGA – Pengelolaan Bumi Perkemahan (Buper) Munjulluhur wilayah kecamatan Bojongsari saat ini menjadi “rebutan” Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga dengan Kwarcab Purbalingga. Hingga akhirnya masih dikaji oleh pemkab melalui Bagian Hukum dan HAM Setda dan Bagian Pembangunan.

Munculnya wacana itu karena Kwarcab berniat menjadikan Buper sebagai pusat pendidikan dan pelatihan kepramukaan. Karena selama ini dinilai sangat reprsentatif untuk kegiatan anak sekolah maupun pramuka. Lokasinya sangat bagus dan tepat untuk dikelola dengan maksimal sebagai pusat diklat.

Salah satu pengurus Ambalan Cabang Bina Muda, Kwarcab Purbalingga, Subeno mengatakan, pihaknya hanya bersifat mengusulkan. Jika disetujui Bupati maka akan dikelola kwarcab dan harapanya tidak ada setoran PAD. Namun itu semua masih dalam tahap pembahasan di tingkat Setda.

“Kami bukan rebutan atau merebut pengelolaan, namun mengusulkan. Itu saja jika disetujui bupati. Saat ini masih dalam tahap pembahasan,” katanya.

Ia mengatakan, selama ini hampir semua kegiatan kepramukaan tingkat kabupaten sampai nasional pernah di Buper. Di sana juga sudah ada ruang pertemuan dan prasarana lainnya yang sangat mendukung kegiatan.

“Saat ini dikelola Dinas masih kekurangan personil. Harapannya jika dikelola Pramuka, akan lebih maksimal personil dan bisa menunjang kegiatan kepramukaan pada umumnya,” tambahnya.

Sementara itu Kabid Pariwisata Dinbudparpora Purbalingga, Titi Setijawati menjelaskan, saat ini Buper masih dalam pengelolaannya. Dengan target PAD setahun sekitar Rp 70 juta. Ia juga mengatakan tetap mengikuti prosedur dan siap jika pengelolaan berpindah tangan.

“Kami tak masalah jika dikelola Kwarcab. Bukan rebutan, namun memang masih dibahas di tingkat pemkab oleh Bagian Hukum dan Bagian Pembangunan,” ujarnya.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42