Logo kotaperwira.com

Bupati Purbalingga Larang Penundaan Pencairan Dana BOS

Purbalingga – Bupati Purbalingga Drs H Heru Sudjatmoko mewanti-wanti agar pencairan dana bantuan operasional sekolah (BOS) ke rekening sekolah jangan sampai ditunda.

Percepatan pencairan dana BOS diharap meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Purbalingga. BOS dinilai sangat bermanfaat mendukung kualitas pendidikan terutama bagi kalangan siswa miskin.

“Kalau dihitung, total dana BOS yang disalurkan pada tahun 2011 di Kabupaten Purbalingga mencapai Rp 50 miliar. Kalau didepositokan dengan bunga 0,5 persen saja, satu bulannya tentu sudah banyak. Tapi tidak demikian, dana BOS jangan sampai ditunda, harus cepat disalurkan dan dimanfaatkan,” tutur Bupati saat menyampaikan sambutan penetapan APBD Perubahan tahun 2011.

Seperti diketahui, pada Agustus 2011, Kabupaten Purbalingga mendapatkan penghargaan dari Menteri Pendidikan Nasional karena termasuk kabupaten yang melakukan penyaluran dana BOS tercepat. Purbalingga termasuk dalam 182 kabupaten/kota yang tercepat dan tepat waktu menyalurkan dana BOS secara nasional dari 497 kabupaten/kota.

“BOS ini cukup penting mendukung pencapaian wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun,” tutur Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga, H Heny Ruslanto SE.

Heny menambahkan, Purbalingga selalu komit mempercepat penyaluran dana BOS sehingga cepat termanfaatkan. Pada triwulan I dan II, dana BOs langsung disalurkan ke rekening sekolah 7 hari setelah dana tersebut diterima di rekening BOS kabupaten/kota.

Heny menambahkan, total dana BOS se-Purbalingga tahun 2011 tercatat sebesar Rp 53.868.020.000,- yang diperuntukan untuk siswa SD sebanyak 84.560, dan SMP 35.610 siswa. Alokasi BOS 2011 untuk jenjang SD/SDLB di kota besar sebanyak Rp 400 ribu dan kabupaten sebanyak Rp 397 ribu. Sementara alokasi untuk SMP/SMPLB/SMPT di kota Rp 575 ribu dan di kabupaten Rp 570 ribu.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42