Logo kotaperwira.com

Bupati Canangkan Gerakan Pendidikan Berkarakter di Purbalingga

Purbalingga – Bupati Purbalingga Drs H Heru Sudjatmoko M.Si mencanangkan Gerakan Pendidikan Berkarakter di kabupaten Purbalingga. Pencanangan Pendidikan Berkarakter sejalan dengan tema hari pendidikan Nasional tahun 2011 yakni “Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Kebangkitan Bangsa“. Karakter yang dibangun tidak hanya berbasis kemuliaan diri tetapi secara bersamaan membangun karakter kemuliaan sebagai bangsa. Selain itu pembangunan karakter juga diarahkan untuk menumbuhkan keingintahuan intelektual sebagai modal untuk membangun kreativitas dan daya inovasi.

“Pendidikan karakter menyelaraskan nilai intelektual dengan budi pekerti. Bagaimana kita mendidik anak-anak sebagai generasi muda agar memiliki ilmu, budi pekerti, beriman dan berjiwa pancasila,” kata Bupati saat mencanangkan pendidikan berkarakter pada upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tingkat kabupaten Purbalingga, di Alun-Alun setempat, Jum’at (20/5)

Bupati mengajak segenap masyarakat Purbalingga untuk mendukung gerakan tersebut karena pendidikan berkarakter dimulai sejak dini dan dari lingkungan terdekat. Dia mengatakan, mulai tahun ajaran 2011/2012 pendidikan berbasis karakter dijadikan sebagai gerakan nasional mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai dengan Perguruan Tinggi, termasuk didalamnya pendidikan Nonformal dan Informal.

Di bagian lain Bupati menyampaikan selamat kepada para siswa SLTA yang sudah dinyatakan lulus. Ia merasa bangga, karena satu diantaranya meraih nilai tertinggi dan masuk ranking 10 besar nasional.

“Di Jawa Tengah hanya ada 3 siswa yang masuk 10 besar nasional. Satu diantaranya dari Purbalingga. Yaitu Anisa Nurochmah dari SMK Negeri 1 Purbalingga dengan nilai rata-rata UN 9,62. Sementara sekolahnya mendapat ranking 38 dari 1.200 SMK se-Jateng. Saya ucapkan selamat,” kata Heru.

Beri Hadiah

Bupati menjanjikan pada tahun ini akan memberi hadiah berupa uang bagi siswa yang berprestasi secara akademik. Pemkab telah menganggarkan dana Rp. 100 juta dalam APBD kabupaten Purbalingga 2011. Hadiah itu akan diberikan bagi siswa berprestasi berbagai jenjang pendidikan. Dari siswa SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK.

“Ini adalah wujud perhatian bagi anak-anak yang secara akademik berprestasi. Selama ini belum terwujud. Bukan berarti kami tidak memperhatikan. Alhamdulillah tahun ini bisa,” katanya.

Dia menjelaskan, siapapun bisa memperoleh hadiah itu, asal prestasi akademiknya tinggi. Ia berpesan kepada para siswa agar terus belajar dengan tekun. Selain untuk mempersiapkan masa depan dirinya sendiri, juga untuk menorehkan nama baik bagi kabupten Purbalingga, bangsa dan Negara Indonesia.

Pada upacara peringatan Harkitnas, bupati selaku inspektur upacara membacakan sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika Ir H Tifatul Sembiring. Upacara dihadiri pimpinan DPRD, Muspida, para pejabat sipil/TNI/Polri, para tokoh masyarakat dan pimpinan ormas. Rangkaian acara di akhiri ziarah ke Taman Makam Pahlawan Purbosaroyo Purbalingga.

Sumber: Purbalinggakab

Tags: , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42