Logo kotaperwira.com

Bupati Akan Temui Menteri Membahas Bandara Wirasaba

Purbalingga – Kabupaten Purbalingga akan membahas kembali rencana pengembangan bandara Wirasaba menjadi bandara komersial. Guna menindaklanjuti hal itu, Bupati Purbalingga Drs H Heru Sudjatmoko M Si dan Bupati Banyumas Mardjoko MM bakal menghadap Menteri Perhubungan di Jakarta.

“Saya dan Bupati Banyumas rencananya akan membicarakan hal ini di Kementerian Perhubungan besok. Kami ingin menyampaikan harapan kami tentang pengembangan Lanud Wirasaba menjadi bandara komersial,” tutur Bupati.

Menurutnya, Kabupaten Purbalingga telah lama menyiapkan Detail Engineering Design (DED) pengembangan Bandara Wirasaba tersebut. Dalam kesempatan itu akan dibahas juga mengenai sharing pembiayaan antara Pemkab Purbalingga dan Pemerintah Pusat. “Pengembangan Bandara Wirasaba ini kami perjuangkan dalam rangka pengembangan ekonomi secara keseluruhan untuk Kabupaten Purbalingga dan sekitarnya termasuk mendukung pengembangan pariwisata. Pemerintah Kabupaten tetangga seperti Banyumas, Banjarnegara, Wonosobo dan lainnya telah memberikan support untuk realisasi bandara komersial di Purbalingga ini,” tambahnya.

Harapan terwujudnya bandara komersial di Kabupaten Purbalingga ini telah lama mengemuka. Masyarakat dari berbagai kalangan memberikan dukungan dilaksanakannya pengembangan bandara Wirasaba menjadi bandara komersial. “Pengembangan wisata di sebuah daerah tidak terlepas dari kenyamanan, keamanan dan aksesibilitas. Purbalingga melalui desa wisata Karangbanjar sudah cukup baik dalam memberikan keamanan dan kenyamanan. Hanya saja ada kendala di aksesibilitas. Keberadaan bandara menjadi cukup penting dalam hal ini,” tutur Konsultan pengembangan desa wisata Karangbanjar, Joko Dwiyanto.

Dua bandara terdekat yang tersedia di Cilacap dan Semarang nampaknya terlalu jauh bagi wisatawan yang datang dari Jakarta maupun luar daerah yang akan berwisata di Purbalingga. “Perjalanan wisata itu idealnya tiga jam. Setelah itu, mereka beristirahat dan melakukan kunjungan wisata dengan leluasa. Kalau perjalanan wisata ditempuh dalam waktu yang singkat, mereka akan memiliki waktu yang cukup untuk menikmati wisata di Purbalingga. Harapannya, ekonomi lokal juga semakin bergairah,” tutur Joko didampingi Ketua Kelompok Sadar Wisata Sinar Pesona Desa Karangbanjar Kecamatan Bojongsari, H Achmad Sobari.

Tags: , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42