Logo kotaperwira.com

BUMD Dongkrak PAD Kabupaten Purbalingga

PURBALINGGA – BUMD di Purbalingga mulai menunjukan tren positif dalam menyokong pendapatan daerah. Tahun 2011 lalu, BUMD turut andil bagian dalam mendongkrak pendapatan di Kota Perwira.

Pendapatan daerah yang semula ditargetkan hanya sekitar Rp 944 Miliar, justru mengalami kenaikan Rp 9,5 Miliar. Dengan begitu, pendapatan daerah diakhir tahun menjadi sekitar Rp 954 Miliar.

Hal tersebut diutarakan Ketua DPRD Purbalingga Tasdi, merujuk pada hasil evaluasi APBD 2011, yang sudah dilaksanakan pekan lalu. Dia mengemukakan, sepuluh BUMD yang ada berhasil menyokong sekitar Rp 6,3 Miliar dari total kenaikan pendapatan yang ada. Sementara, sisa kenaikan didapat dari sektor PAD lainnya.

PD Owabong masih jadi penyumbang pendapatan terbanyak dengan pendapatan Rp 3,5 Miliar. “Kalau seperti ini terus perkembangannya, ke depan, pendapatan tidak mengandalkan pajak dan retribusi,” tuturnya.

Disinggung tentang dua perusahaan daerah “sakit”, yakni PD Puspahastama dan PD Purbalingga Modal Ventura, Tasdi berujar bahwa hanya PD PMV yang sudah mulai menyumbang pendapatan daerah senilai Rp 17 juta.

Terkait PD Puspahastama, Pemkab Purbalingga masih mengkaji solusi untuk menyelamatkan perusahaan daerah yang bergerak di bidang konsumsi beras tersebut.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42