Logo kotaperwira.com

Bulog Subdivre Banyumas Pilih Salurkan Raskin daripada Operasi Pasar

Purwokerto – Bulog Sub Divisi Regional (Subdivre) IV Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) belum berencana menggelar operasi pasar (OP) kendati harga beras di pasaran mulai naik.

Bulog setempat lebih memilih mengoptimalkan penyaluran beras untuk warga miskin (raskin) karena dinilai lebih mengena pada sasaran dan kuantumnya lebih besar.

Humas Bulog Subdivre IV Banyumas Priyono mengungkapkan penyaluran raskin itu akan dilakukan di empat kabupaten di wilayah kerja Bulog Banyumas, yakni Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara dan Cilacap.

“Sejauh ini memang belum ada permintaan OP, karena biasanya pemerintah kabupaten (pemkab) lebih memilih mengefektifkan penyaluran raskin,” katanya, Selasa (20/9).

Menurut Priyono, penyaluran raskin sebetulnya lebih baik jika dibandingkan dengan OP. Volume beras yang digelontorkan dalam OP tidak sebanyak penyaluran raskin. Apalagi, OP kurang tepat sasaran, sebab dilakukan di perkotaan sehingga beras OP lebih banyak masuk kepada para pedagang dan warga dengan tingkat ekonomi baik.

“Berbeda dengan raskin yang benar-benar disalurkan untuk masyarakat kurang mampu,” ujarnya.

Priyono mengungkapan, Bulog Banyumas setiap bulan menggelontorkan 6.684 ton beras untuk keluarga miskin di empat kabupaten tersebut. Untuk Banyumas jumlah raskin yang disalurkan sebanyak 2.117,5 ton untuk 141 ribu lebih keluarga miskin. Di Banjarnegara 1.281,2 ton lebih untuk 85 ribu lebih keluarga. Jatah raskin Purbalingga 1.024,6 ton untuk 68 ribu lebih keluarga, dan di Cilacap disalurkan 2.260,6 ton raskin untuk 150 ribu lebih keluarga miskin.

Tags: , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42