Logo kotaperwira.com

BPBD Purbalingga Hanya Dijatah 40 Juta

Penanggulangan Bencana di Purbalingga

PURBALINGGA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga, tahun ini hanya memperoleh Rp 40 juta dalam APBD Purbalingga. Walau telah difokuskan hanya untuk membiayai tanggap darurat, namun dana tersebut tetap minim.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Purbalingga, Muhsoni, Jumat (30/11) mengaku kesulitan dengan dana yang sedikit itu. Apalagi akhir-akhir ini, banyak bencana alam yang terjadi. Terakhir, bencana angin lisus melanda Kecamatan Bojongsari dan Kutasari. Dua rumah roboh tertimpa pohon dan puluhan lainnya rusak. Akhirnya untuk penggunaan dana tersebut, pihaknya lebih mengutamakan untuk korban yang benar-benar menderita kerugian banyak.

“Jadi lebih banyak menggunakan dana tak terduga atau dana dari usulan bantuan pusat dan provinsi,” tambahnya. Dia manambahkan, dana tersebut diwujudkan dalam bentuk logistik di distributor. Logistik itu baru diambil, ketika ada bencana. Selain itu, di kantor juga sudah tersedia logistik bantuan dari provinsi, berupa makanan siap saji dan peralatan dapur rumah tangga, untuk diberikan kepada korban bencana.

Tetap Siaga

Kepala BPBD Purbalingga, Priyo Satmoko mengatakan meskipun dana minim, kesiap-siagaan menghadapi bencana tetap dilakukan. Dia berharap, tidak ada bencana besar yang merugikan masyarakat atau pemerintah. Menurutnya, saat ini pihaknya sudah mengusulkan anggaran dengan total Rp 500 juta dari APBD 2013. “Artinya, tahun depan dana kebencanaan akan ditambahi,” katanya. Tetapi dana untuk penanggulangan bencana tersebut, masih global dan belum dirinci kegunaannya. “Teknisnya, saat dibutuhkan, dana itu akan dicairkan di DPPKAD. Jika ada kerusakan fisik yang harus segera ditangani, dana itu kemungkinan besar bisa dipakai,” katanya.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42