Logo kotaperwira.com

Benda Prasejarah di Purbalingga Dijual Murah

PURBALINGGA – Benda-Benda peninggalan purbakala zaman neolitikum di Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) dijual murah. Harganya berkisar antara Rp20 ribu hingga Rp25 ribu. Bentuk-bentuk yang ditemukan adalah jenis kapak dan gelang batu.

Hal itu diungkapkan Pengelola Museum Prof Dr Soegarda Purbalingga, Adi Purwanto. Adi mengatakan peninggalan zaman neolitikum tersebar di sejumlah desa di antaranya Desa Limbasari, Tunjungmuli, dan Dagang di Kecamatan Karangmoncol dan Bobotsari.

“Benda-benda peninggalan zaman neolitikum tersebut di antaranya adalah kapak dan gelang batu. Sejauh ini memang belum ada perlindungan terhadap benda-benda kuno tersebut. Sehingga masyarakat bisa menjualnya,” ujarnya Senin (8/10).

Menurutnya, benda prasejarah tersebut memang sangat melimpah di ketiga desa setempat. Sejumlah otoritas seperti Balai Arkeologi dan museum telah mengambil sampel benda-benda kuno itu untuk disimpan.

“Masyarakat memang boleh memilikinya karena benda kuno itu sangat melimpah dan tempatnya cukup luas,” kata dia.

Namun, masyarakat yang mengambil dan menjual seharusnya melapor ke Pemkab Purbalingga. “Kami juga sulit untuk melakukan pengawasan terhadap jual beli tersebut, meski sebetulnya tidak dilarang,” ujarnya.

Tags: ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42