Logo kotaperwira.com

Bencana Tanah Bergerak di Purbalingga, Rumah dan Sekolah Rusak Berat

Purbalingga – Hingga Kamis (1/12/2011) ini, puluhan warga Desa Tanalum, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, masih mengungsi di rumah kerabat mereka.

Itu dilakukan menyusul rusaknya 10 rumah di wilayah itu akibat tanah bergerak, Rabu (30/11/2011) pukul 18.00. Peristiwa ini menyebabkan kerugian material hingga ratusan juta rupiah.

Sekretaris Desa Tanalum Dwi Maruti mengatakan, 10 rumah itu berada di wilayah Kadus II, 7 rumah di RT 2/RW 2, 1 rumah di RT 1/RW 1, dan 2 rumah di RT 3/RW 2.

Menurut dia, kondisi rumah-rumah tersebut rusak berat sehingga tidak dapat ditempati.

Kondisi tanah di Desa Tanalum, kata Maruti, diakui cukup labil. Kerap terjadi tanah bergerak di wilayah itu, terlebih lagi saat terjadi hujan deras.

“Sebelumnya sering terjadi. Namun, yang paling parah baru kali ini,” tuturnya.

Tanah bergerak juga menyebabkan satu ruang kelas di SMPN 6 Satu Atap yang berada di sebelah kantor Balai Desa Tanalum rusak berat. Tanah bergerak juga merusak lapangan desa setempat. Lapangan ambles sekitar setengah meter di bagian ujung sebelah selatan.

Pemerintah Desa Tanalum telah melaporkan kejadian tersebut kepada aparat Kecamatan Rembang.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42