Logo kotaperwira.com

Beberapa Kecamatan di Purbalingga Terancam Kekeringan

Purbalingga – Memasuki musim kemarau tahun ini, sejumlah desa di tujuh kecamatan di Kabupaten Purbalingga, terancam mengalami kekeringan. Yakni desa-desa yang berada di Kecamatan Kejobong, Pengadegan, Kaligondang, Bukateja, Karanganyar, dan Kertanegara. Akan tetapi, masing-masing kecamatan memiliki tingkat resiko kekeringan yang berbeda satu sama lain.

Walau demikian, sejauh ini, masih belum ada permintaan dari masyarakat mengenai bantuan air dari pemkab. Baik itu ke Bagian Kesra Setda atapun ke PDAM Purbalingga. “Sampai sekarang masih belum ada permintaan,” tutur Kepala Bagian Hubungan Pelanggan PDAM Purbalingga, Titin Kusriati, Selasa (21/6).

Yang ada, dalam beberapa bulan terakhir ini, lanjutnya, hanyalah permintaan untuk memasok air bagi sejumlah warga desa yang tengah mengadakan acara hajatan. “Tapi itu istilahnya bukan meminta bantuan air, melainkan membeli,” ujarnya.

PDAM menjual satu tangki air kepada masyarakat, dengan harga yang berbeda satu sama lain, sesuai dengan jarak yang harus ditempuh. Dituturkan, untuk jarak yang relatif dekat dikenai biaya Rp 125 ribu, jarak sedang Rp 150, sementara jarak jauh dikenai Rp 175 ribu. “Satu tangki sekitar isinya 4 ribu sampai 5 ribu liter,” ucapnya.

Kasubag Kesra Bagian Kesra Setda, Windu mengucapkan bahwa pemkab sudah siap membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan pasokan air. Dia juga sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk menyiapkan armada tangki. Termasuk dengan Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) III Banyumas-Pekalongan

Di PDAM ada empat armada, dari Bakorwil III ada dua, DPU juga terdapat armada tangki untuk menyalurkan bantuan ari untuk warga. “Nanti, (penggunaan) armada itu melihat kebutuhan di lapangan,” tuturnya, Selasa (21/6).

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42