Logo kotaperwira.com

Baru 60 Desa Wisata Berskala Internasional

Purbalingga – Jumlah desa dan kampung wisata di Indonesia tercatat mencapai 596 tempat, namun yang berskala internasional kurang dari 60.

Direktur Pemberdayaan Masyarakat Ditjen Destinasi Pariwisata Kementrian Budaya dan Pariwisata (Kemenbudpar) Bakri mengatakan, desa atau kampung wisata berskala internasional itu umumnya terdapat di Bali, Yogyakarta, Jawa Tengah (Jateng), dan Pulau Lombok.

“Dari 596 desa atau kampung wisata, baru sekitar 10 persen yang berskala internasional,” katanya seusai membuka Jambore Kelompok Sadar Wisata di Perkemahan Munjuluhur, Kabupaten Purbalingga, Jateng, Kamis (21/7).

Menurutnya, pemerintah juga mengucurkan dana program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri (PNPM) wisata untuk 569 desa dan kampung dengan nilai masing-masing Rp 100 juta. Dana tersebut digunakan untuk kemandirian desa wisata. “Kalau berhasil, maka tahun berikutnya akan diberi kembali. Tahun depan, kami menargetkan sampai 900 desa wisata,” tambahnya.

Bakri mengatakan, pengembangan desa wisata bertujuan untuk menyiapkan masyarakat maupun destinasi desa menerima wisatawan domestik maupun mancanegara.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42