Logo kotaperwira.com

Banjir di Purbalingga, Tiga Warga Nyaris Hanyut

PURBALINGGA – Tiga orang warga Desa Jatisaba, Kecamatan Purbalingga nyaris hanyut. Ketiganya terjebak banjir saat menggarap kebun milik majikannya. Mereka tidak menduga hujan deras yang turun pada Minggu (18/11/2012) sore akan meluapkan tiga sungai sekaligus. Sementara lahan itu merupakan tanah sedimentasi yang berada di Dukuh Keponggok, Kelurahan Wirasana.

Ketiga warga yang diselamatkan itu masing-masing pasangan suami istri Junedi (52) dan Turijah (50) serta satu anaknya, Adi Tri W. Mereka terjebak tiga aliran sungai yakni sungai Klawing, sungai Kemusuk dan Sungai Gemuruh.

Junedi menuturkan, pada Minggu (18/11) siang dirinya bersama istri dan anaknya membersihkan kebun dan merawat tanaman kayu di lahan yang berdekatan dengan sungai (tanah hasil sedimentasi). Saat itu air sungai mulai keruh dan tanpa disangka, sejam lebih air sudah mulai naik.

“Pohon Sengon saja sudah hampir setengahnya tenggelam. Saya minta tolong pada warga yang ada di sekitar. Tapi karena jarak yang terlalu jauh dengan pemukiman, suara kami tidak terlalu kedengaran,” ujarnya, Minggu (18/11/2012) sore.

Junedi dan keluarga pasrah dan terus meminta pertolongan. Beruntung ada warga yang mendengar dan langsung melaporkan kepada tim SAR Purbalingga. Selang sekitar beberapa menit atau sekitar pukul 16.30, rombongan regu penolong datang.

“Saya sudah tak bisa berbuat banyak. Tak membawa tali dan bambu maupun perahu. Sekitar dua jam kami terjebak menunggu pertolongan,” ujar Junedi yang berprofesi sebagai penarik becak ini.

Komandan Search and Rescue Unit (SRU) Tim SAR Purbalingga, Arif Wahyudi DN menjelaskan, pihaknya menerima laporan sekitar pukul 16.15 dari warga setempat. Kemudian menggunakan perahu, menarik ketiga orang itu. “Kondisi air di sungai itu cukup dalam. Sekitar lima meter dan mereka sangat kesulitan dan tidak memungkinkan jika menerjangnya. Kami menyelamatkannya dan segera membawa ke tempat yang aman,” kata Wahyudi.

Tags: , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42