Logo kotaperwira.com

Bangunan SDN 2 Karangcegak Dikonsep Tahan Bencana

KUTASARI – Rehab beberapa ruang kelas di SDN 2 Karangcegak Kutasari sudah mendekati batas akhir. Sekitar 6 kelas direhab dengan konsep bangunan tahan bencana. Proyek yang dilakukan dengan cara swakelola ini melibatkan jasa tukang dari masyarakat sekitar SD.

Konsep bangunan tahan bencana ini tercetus dengan melihat kondisi geografis Desa Karang Cegak yang cukup riskan dengan curah hujan yang cukup tinggi. Dengan konsep tersebut, diharapkan bangunan tetap kokoh di tengah hujan dan angin yang kerap melanda.

Kepala Sekolah SDN 2 Karangcegak, Harwono, menyebutkan dari pihaknya sudah membicarakan konsep itu dengan tim teknis. “Dari awal rehab, konsep yang digunakan adalah bangunan tahan bencana, sehingga membutuhkan waktu untuk menyelesaikannya. Namun kami berupaya agar bisa selesai tepat waktu,” ungkapnya.

Kepala tim teknis, Amir, juga menjelaskan, tingkat kemiringan atap menjadi faktor penting dalam konsep bangunan tahan bencana ini. Hal ini untuk mengantisipasi hujan dan angin yang kerap terjadi di Desa Karang Cegak. “Hal itu butuh perhitungan yang pas untuk mewujudkan bangunan tahan bencana yang benar-benar tahan bencana. Kami akan mencoba membuat dinding yang cukup kokoh. Karena pada dasarnya, dinding atau tembok akan tambah kuat jika terkena air,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Komisi III DPRD melakukan kunjungan rehab gedung SD Negeri 2 Karangcegak yang didukung dengan dana block grand APBN tahun anggaran 2012 sebesar Rp 511.970.000,00. Kunjungan komisi III DPRD Kabupaten Purbalingga itu juga dihadiri oleh Kepala UPK Kutasari Tri Atmojo Putro, Camat Kutasari M. Najib, serta Lurah Karang Cegak Ny. Sumisih. Radar Banyumas.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42