Logo kotaperwira.com

Bangun Karakter Siswa Melalui Masa Orientasi Siswa (MOS)

PURBALINGGA – Masa orientasi siswa (MOS) secara serempak dimulai Kamis (5/7) hingga Sabtu (7/7). Siswa baru di tingkat SD, SLTP maupun SLTA mengikuti berbagai rangkaian MOS tersebut. Selain sebagai ajang pengenalan lingkungan sekolah, sejumlah sekolah memanfaatkan momen MOS ini untuk membangun karakter siswa.

Di SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga misalnya, para siswa diajak untuk mengenal alam sekitar, membangun kerjasama antarsiswa serta membangun rasa hormat dan kasih sayang. “Kami berupaya untuk mewujudkan siswa yang mengenali lingkungan dengan baik serta mencintai alam. Kami mengemas MOS dengan acara yang menyenangkan seperti mengikuti berbagai permainan dan outbond. Harapan kami, siswa tidak kaget dengan situasi baru di sekolah,” tutur Kepala SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga, Cukup Riyanto SPd didampingi Waka Kesiswaan, Misyono SPd.

Mereka berharap, menempuh pendidikan di sekolah tidak menjadi beban yang berat. “Sekolah diharapkan menjadi rumah kedua bagi para siswa,”tambahnya.

Sementara itu, 524 siswa baru di SMK Muhammadiyah Bobotsari juga mengikuti MOS dengan ceria. Selain mengikuti materi kelas, mereka juga mengikuti materi di luar sekolah seperti pelatihan baris berbaris. Materi tersebut diharapkan mampu membentuk siswa yang disiplin, percaya diri dan tidak mudah putus asa.

“Kami juga melatih jiwa kesetiakawanan siswa. Selama tiga hari berturut-turut, peserta MOS menyumbangkan satu gelas beras. Beras yang terkumpul itu akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan dalam kegiatan bhakti sosial,” tutur Kepala SMK Muhammadiah Bobotsari, Drs H M Fauzan Anwar MPd.

Fauzan menambahkan, selain mengenalkan guru dan lingkungan sekolah, peserta MOS juga mendapatkan sosialisasi mengenai program sekolah. Diantaranya adalah kesempatan mendapatkan penghargaan sebagai bintang kelas. “Bintang kelas akan mendapatkan bonus berupa gratis SPP selama satu semester,” tandas Fauzan.

Tags: , , ,  , Acara mos smk pendidikan karaktercontoh saran kritik mengikuti mosmateri masa orientasi siswaRKA kegiatan rally wisata
Source: Radar Banyumas

Leave a Reply

close(x)
Pasang Iklan