Logo kotaperwira.com

Awal Musim Kemarau di Purbalingga Diperkirakan Minggu II Juni – Minggu I Juli

Purbalingga – Awal musim kemarau diperkirakan akan terjadi pada minggu kedua Juni sampai minggu pertama Juli 2011. Perkiraan ini sebagaimana surat Sekda Purbalingga Drs Subeno, MM bernomor 546/2501 tertanggal 3 Mei 2011 dengan mengacu surat Gubernur Jateng nomor 546/03619 tertanggal 31 Maret 2011.

Sekda Subeno meminta kepada semua pimpinan SKPD dan para camat untuk menginformasikan perkiraan awal musim kemarau agar menjadi acuan dan referensi dalam melaksanakan budidaya tanaman secara spesifik lokasi, disamping untuk mengamankan produksi tanaman pangan, sekaligus antisipasi bahaya kekeringan.

“Kami juga meminta kepada semua pihak untuk menginternalisasikan gerakan pro lingkungan/go green kepada seluruh masyarakat luas untuk mendayagunakan potensi sumber daya alam secara produktif dan berkelanjutan,” kata Subeno, Rabu (18/5).

Dijelaskan Subeno, khusus Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) rumpun pertanian dan pekerjaan umum agar mengupayakan secara sungguh-sungguh dan tersistematis mengenai perencanaan pertanaman secara baik, sesuai iklim dan kondisi setempat, baik pemilihan komoditi, varietas, waktu tanam, teknik bercocok tanam, maupun penanganan pasca panen. Selain itu, perlu melakukan percepatan upaya perbaikan sarana/jaringan irigasi primer, sekunder maupun tingkat usaha tani dan perdeaaan yang rusak.

“SKPD juga harus melakukan perencanaan dan penyiapan sarana produksi terutama benih dan pupuk yang diperlukan, serta meningkatkan kewaspadaan pada organisme penganggu tanaman,” pinta Subeno.

Sumber: Purbalinggakab

Tags: ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42