Logo kotaperwira.com

Aspal Cadangan Habis, DPU Purbalingga Tambal Jalan dengan Semen

PURBALINGGA – Memasuki bulan Februari, DPU Purbalingga menggunakan semen untuk menambal lubang yang terdapat di beberapa ruas jalan. Salah satunya, di jalur Bancar-Pagembrungan.

Tak ayal, penggunaan semen tersebut memicu kritikan warga yang melintas di jalur yang tergolong padat itu. Terlebih, penutupan lubang jalan tersebut hanya bertahan beberapa hari saja.

“Lah kok bisa menutup lubang di jalan pakai semen. Apa sudah tidak punya aspal untuk melakukan pemeliharaan jalan,” ujar salah seorang warga Sucipto kepada suaramerdeka.com, Selasa (21/2).

Ketika dikonfirmasi terkait hal tersebut, Kepala DPU Purbalingga, Sigit Subroto mengemukakan, penggunaan semen dikarenakan ketiadaan aspal. Sementara itu, jalur itu perlu penanganan segera.

“Waktu itu juga mau ada kunjungan dari Bupati dan Wakil Bupati ke DPU, jadi ditambal dengan semen untuk sementara. Lubang di jalan itu sudah membahayakan masyarakat,” tuturnya di ruang kerjanya, Senin (20/2).

Tak Efektif

Dari pantauan lapangan, penambalan dengan semen nampak tak efektif. Semen penutup lubang sudah lenyap dan jalan sudah kembali “dihiasi” banyak lubang menganga.

Sigit menjelaskan, itu terjadi karena bekas penutupan lubang langsung dilalui kendaraan. Berbeda dengan aspal yang boleh diinjak kendaraan, semen butuh waktu lebih lama untuk pengeringan.

“Tapi ya sulit, karena jalan tersebut kan ramai,” ujar Sigit Subroto didampingi Kabid Bina Marga pada DPU, Drajat Uji. DPU sudah menyurati kontraktor untuk kembali menambal.

Mengenai agenda pengadaan aspal pada waktu terdekat, Kepala DPU, Sigit Subroto mengemukakan, kini DPU sedang menggelar lelang elektronik untuk pengadaan enam ratus drum aspal.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42