Logo kotaperwira.com

Antisipasi Warnet Mesum, Bupati Keluarkan Perbup Peraturan Bupati (Perbup)

PURBALINGGA – Bupati Purbalingga, Heru Sudjatmoko mengeluarkan peraturan bupati (Perbup) tentang Penyelenggaraan Usaha Jasa Telekomunikasi Internet untuk mengantisipasi munculnya warung internet (warnet) mesum yang rencananya akan disosialisasikan, Kamis (6/12).

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo), Yonathan Eko Nugroho mengatakan, peraturan itu menjadi payung hukum untuk mentertibkan warnet dari penyalahgunaan fungsi semula.

Menurutnya, menjamurnya warnet di pelosok wilayah membuat masyarakat mudah untuk mengakses berbagai informasi, baik tulisan, gambar, maupun film/video. Sayangnya, informasi yang diakses masyarakat tidak selamanya positif. Bahkan bilik warnet yang memberikan privasi bagi pengguna seringkali disalahgunakan oleh pelanggan.

“Disinyalir ada sejumlah warnet yang sering disalahgunakan untuk kegiatan tidak terpuji, seperti menonton dan mengunduh film porno. Bahkan menjadikan warnet sebagai tempat mesum,” katanya.

Internet bukanlah hal yang asing lagi bagi semua orang, tidak terkecuali anak-anak. Di Purbalingga, lanjutnya, tidak jarang terlihat anak-anak dengan seragam sekolah bermain dan mengakses layanan internet di warnet.

Disadari atau tidak, dampak internet khususnya bagi anak usia sekolah sangat luar biasa. Mulai hal yang positif hingga negatif dapat diakses oleh pengguna internet. Untuk meminimalisir dampak negarif dari internet, maka dibutuhkan kontrol dari berbagai pihak.

Dari data yang dimiliki Dinhubkominfo, saat ini terdapat 106 warnet, 16 Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) dan 4 unit Mobile Pelayanan Internet Keliling (MPLIK).

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42