Logo kotaperwira.com

Ansor Purbalingga Mengadakan Khitanan Masal

Purbalingga – Beberapa bocah laki-laki memakai peci sarung dan baju koko duduk di kursi berjejer menunggu antrian. Tangisan beberapa anak terdengar dari kamar Pondok Pesantren yang disulap jadi bangsal layaknya di rumah sakit. Begitulah gambaran pelaksanaan Khitanan massal di Pondok Pesantren Ar Rohman Kalikabong Purbalingga akhir pekan lalu.

Khitanan Massal yang merupakan prakarsa PC GP Ansor Purbalingga dan Alumni Pesantren Arrohman,kalikabong demikian ungkap Ketua PC GP. Ansor Purbalingga Ulil Archam.

Ulil mengatakan, Khitanan Massal diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian pengabdian masyarakat dari Ansor sebagai organisasi pemuda yang bergerak dibidang kemasyarakatan dan agama. Kesalehan sosial harus sering dilatih dan diupayakan sehingga kita akan muncul sikap reflek terhadap kondisi dan kebutuhan masyarakat.

Menanggapi pertanyaan kenapa acara ini diselenggarakan di Pondok Pesantren dan juga bekerja sama dengan Alumni Pondok Pesantren Ulil mengatakan, ada kesamaan perjuangan pengabdian di masyarakat yang bersumber di pesantren. Ini juga sejalan dengan program Ketua Umum PBNU yang menyatakan bahwa akan mengupayakan pelaksanaan program yang muaranya kembali ke basis awal yaitu Pondok Pesantren.

“Kami sebagai generasi penerus sadar betul bahwa NU tumbuh dan berkembang berawal dari Pondok Pesantren untuk itulah kami melaksanakan program ini di Pondok Pesantren dengan menggandeng Alumni Pesantren Ar Rohman Kalikabong Purbalingga,” katanya.

Tujuan diselenggarakan Khitanan Massal ini agar anak-anak yang dikhitan akan terus melanjutkan pendidikan formalnya di sekolah umum sambil mendalami ilmu agama di pesantren,sehingga akan tercipta kader-kader bangsa yang berakhlakul karimah, dan akan menjadi kader-kader ansor dimasa yang akan datang demi memperjuangkan dan mengembangkan agama islam ‘ala ahlussunah waljama’ah annahhdiyah.

Ulil mengatakan, Khitanan Massal ini diikuti oleh 60 (enam puluh) peserta dari beberapa Kecamatan se Kabupaten Purbalingga. Setiap peserta khitanan massal diberi bingkisan berupa Baju Koko, Sarung, Kopiah dan sandal serta uang saku.

Pengasuh Pondok Pesantren Ar Rohman KH.Nurkholis Masrur juga menilai bahwa ini kegiatan yang mulia sekali. Oleh karena melaksanakan ibadah sosial semacam kegiatan ini tidaklah mudah dilaksanakan oleh setiap orang. Untuk itu beliau memberikan apresiasi terhadap Ansor Purbalingga sebagai pemrakarsa acara khitanan massal ini dan mendoakan semoga ini sebagai amal ibadah yang di ridhoi Allah dan mendapat pahala yang setimpal, dan juga semoga Ansor tetap menjadi pengawal ajaran Islam ‘ala ahlussunah waljama’ah annahdliyah.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42