Logo kotaperwira.com

Angin Puting Beliung Masih Ancam Banyumas dan Purbalingga

Purwokerto – Angin puting beliung masih mengancam wilayah Kabupaten Banyumas dan Purbalingga, Jawa Tengah, dengan kecepatan 42 hingga 45 kilometer (km) per jam.

Demikian dikatakan pengamat cuaca Stasiun Meteorologi pada Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Cilacap Teguh Wardoyo, Kamis (27/10). Menurutnya, ancaman terjadi karena saat ini kedua wilayah memasuki awal musim hujan.

“Memang masih ada ancaman angin puting beliung, terutama di wilayah Banyumas dan Purbalingga. Angin yang berhembus memiliki kecepatan 42 hingga 45 kilometer per jam,” ujarnya.

Dua hari terakhir yakni pada Selasa dan Rabu (25-26/10) petang angin puting beliung dalam skala kecil menerjang Desa Dawuhan Kulon, Kecamatan Kedungbanteng, dan di Taman Kota Purwokerto, Banyumas. Angin di Desa Dawuhan Kulon, pada Selasa petang membuat sejumlah rumah rusak ringan akibat tertimpa pohon dan dua kandang ayam luluh lantak.

Sekitar 3.000 ayam mati dalam peristiwa tersebut. Kerugian diperkirakan mencapai sekitar Rp100 juta, termasuk kandang ayam yang ambruk.

Sedangkan pada Rabu petang, angin puting beliung merobohkan stan dan panggung utama Pameran Gelar Karya Pembedayaan Masyarakat di Taman Rekreasi Andang Pangrenan (TRAP) Purwokerto. Akibat bencana itu, acara yang seharusnya berlangsung mulai Kamis akhirnya ditunda.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42