Logo kotaperwira.com

Anggaran Transmigrasi di Purbalingga Menurun Tiga Tahun Terakhir

Purbalingga – Selama tiga tahun terakhir, anggaran untuk transmigrasi yang dikelola oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertran) kabupaten Purbalingga mengalami penurunan. Penurunan alokasi dari dana APBD itu berpengaruh pada jumlah transmigran umum setiap tahun.

Kepala Dinsosnakertran Purbalingga Ngudiarto SH mengatakan, pada tahun 2009 sebanyak 50 KK diberangkatkan dalam program transmigrasi umum dengan anggaran Rp 539 juta. Lalu tahun 2010 sebanyak 20 KK dengan alokasi anggaran Rp 159 juta dan pada 2011 sebanyak 30 KK dengan alokasi anggaran sebesar Rp 108 juta.

“Alokasi anggaran itu memang menurun dan berpengaruh. Apalagi dana itu juga digunakan untuk tahap persiapan. Meliputi peninjauan lokasi, pelatihan (tahun 2009) dan sebagainya. Pada 2010 tak ada pelatihan, survei juga hanya satu kali,” ujarnya, Rabu (16/11) usai pemberangkatan transmigran umum di ruangnya.

Ngudiarto menambahkan, dana yang tersedia di tahun 2011 tak berani digunakan untuk transmigrasi swakarsa mandiri. Biayanya cukup besar dan hanya mampu untuk alokasi transmigrasi umum saja. Turunnya alokasi itu menurut Ngudiarto merupakan kebijakan pemerintah.

“Rabu (16/11) ini kami memberangkatan 15 KK dengan 41 jiwa. Lalu dilanjutkan pada Desember mendatang 15 KK lagi dengan belasan jiwa ke desa Puncak kabupaten Gorontalo,” jelasnya.

Ngudiarto menambahkan, kondisi wilayah di daerah transmigrasi itu sudah cukup memadai. Prasarana jalan dan rumah penduduk sudah ada. Akses ke jalan raya juga dekat. Selain itu, yang tak kalah penting, bangunan rumah sudah dibuat permanen. Yaitu ada tembok dan lantai permanen. Para transmigran itu juga mendapatkan tanah seluas dua hektar termasuk lahan untuk rumah dan lahan bercocok tanam.

“Sebelum berangkat ke lokasi, para transmigran itu akan dilatih di Semarang selama 6 hari. Selain itu juga sudah mendapatkan uang saku per KK sebanyak Rp 500 ribu,” katanya.

Data yang dihimpun Radarmas, hingga November ini, ada sebanyak 120 KK yang telah mendaftarkan diri sebagai transmigran dan telah terkirim 341 KK atau 1.358 jiwa selama 10 tahun terakhir.

Tags: , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42