Logo kotaperwira.com

839 Siswa di Purbalingga Ikuti Ujian Kejar Paket

PURBALINGGA – Sebanyak 839 siswa akan mengikuti ujian kejar paket A, B dan C. “Untuk peserta ujian kejar paket A setara SD 42 siswa, paket B setara SMP 297 siswa, dan paket C setara SMA 500 siswa,” kata Kabid Pendidikan Menengah pada Dinas Pendidikan Subeno.

Para peserta ujian itu sebagian adalah siswa yang tidak lulus UN, sebagian lagi memang siswa kejar paket. Sesuai draf prosedur operasi standar Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) ujian paket A dan B pada 16-18 Juli. Adapun paket C 9-12 Juli.

Penghargaan dan pengakuan yang sama untuk peserta UN dan ujian kejar paket merupakan amanat dari UU Nomor 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Ijazah ujian kejar paket dapat digunakan untuk melanjutkan ke pendidikan formal jenjang yang lebih tinggi.

“Dalam UU tersebut menyebutkan, peserta didik memiliki standar kelulusan yang sama apabila dinyatakan lulus dalam ujian yang diselenggarakan oleh lembaga yang independen, dalam hal ini BSNP,” kata pria yang juga Ketua Panitia UN tingkat Kabupaten itu.

Soal untuk ujian kejar paket dan UN memiliki tingkat kesulitan yang sama. Jadi tidak benar kalau soal ujian kejar paket dianggap lebih mudah. Soal ujian kejar paket disusun berdasarkan kisi-kisi yang sesuai dengan standar isi dan menggunakan kurikulum yang sama dengan soal UN.

Tags: ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42