Logo kotaperwira.com

7 Jaksa di Jateng Kena Sanksi Disiplin, 3 dari Kejari Purbalingga

SEMARANG – Sebanyak tujuh jaksa pada jajaran kejaksaan se-Jateng dijatuhi sanksi lantaran pelanggaran disiplin. Sanksi tersebut beragam, mulai dari sanksi ringan, sedang hingga berat. Ketujuh jaksa tersebut adalah, dua orang dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Sragen, tiga orang dari Kejari Purbalingga, satu orang dari Kejari Semarang dan satu orang dari Kejati Jateng.

Hal itu dikatakan oleh Kajati Jateng, Bambang Waluyo melalui Kepala Seksi Penerangan Hukum, Eko Suwarni, Senin (23/7). Menurut Eko, jumlah jaksa nakal di Jateng ini jauh lebih sedikit dibanding kejaksaan di wilayah lainnya. “Tujuh itu didapat dari delapan laporan dan pengaduan dari bulan Januari hingga Juli 2012. Daerah lain pengaduannya lebih banyak, Jateng ini relatif sedikit. Lalu untuk menentukan sanksinya, ditangani oleh pihak pengawasan, ” terang Eko.

Tiga diantara tujuh jaksa tersebut terkena sanksi ringan, tiga lainnya diberi sanksi sedang dan satu jaksa kena sanksi berat. Sayangnya, Eko enggan membeber detil pelanggaran tersebut. Dijelaskan Eko, sanski ringan atas pelanggaran disiplin itu berupa teguran secara lisan dan tertulis. Sedangkan sanksi sedang berupa penundaan kenaikan gaji dan pangkat selama satu tahun dan penurunan pangkat setingkat dibawahnya selama satu tahun.

Sementara sanksi berat berupa penurunan pangkat setingkat dibawahnya selama tiga tahun, hingga pemecatan dari jabatan jaksa. Sanki berat juga mengancam pemberhentian dengan hormat tidak atas kehendak yang bersangkutan, serta pencabutan status Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kepala Divisi Monitoring Kinerja Penegak Hukum pada Komite Penyelidikan dan Pemberantasan KKN (KP2KKN) Jateng, Eko Haryanto mengatakan kinerja jaksa harus tetap diawasi. “Fungsi pengawasan mereka tidak akan berjalan kalau masyarakat tidak mengadukan kinerja buruk mereka, ” tandas Eko.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42