Logo kotaperwira.com

60 Persen UMKM Purbalingga Belum Tersentuh Perbankan

PURBALINGGA – Sebagian pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Purbalingga belum tersentuh lembaga keuangan dalam penyaluran pembiayaan modal usaha. Bahkan, mereka belum paham cara mengakses pinjaman modal usaha ke bank.

Menurut Direktur Utama BPRS Buana Mitra Perwira, Aman Waliyudin, dari 75 pelaku usaha yang melakukan konsultasi pembiayaan dengan perbankan, sekitar 60 persen pelaku usaha belum pernah berhubungan dengan perbankan. Padahal, persoalan utama mereka terkendala modal usaha. “Mereka masih perlu diedukasi supaya tahu cara mengakses pembiayaan modal usaha,” katanya.

Dikatakan Aman Waliyudin, belum pahamnya cara mengakses permodalan lantaran lebih dulu menilai proses transaksi pembiayaan modal usaha berbelit dan memerlukan proses panjang. “Persepsi seperti ini yang membuat mereka enggan berhubungan dengan bank. Padahal, mereka belum pernah datang ke perbankan,” ujar dia,

Meski demikian, kondisi ini menjadi peluang prospektif bagi perbankan dalam mengembangkan pasar. “Kami akan turun ke lapangan melakukan edukasi lanjutan untuk menjaring nasabah baru di kalangan pelaku UMKM,” katanya.

Aman Waliyudin juga berkomitmen akan memberi kemudahan kepada pelaku usaha dalam mengakses pembiayaan modal usaha. “Kami tidak akan berbelit-belit dalam menyalurkan pembiayaan, meski tetap mensyaratkan kelengkapan administrasi,” paparnya.

Selain permodalan, persoalan yang kerap menjadi dialami pelaku usaha adalah kesulitan memanajemen usahanya. “Manajemen ini yang perlu dibangun agar usaha mereka makin berkembang. Kami sudah berkoordinasi dengan Dinperindagkop untuk masalah ini,” ujarnya.

BPRS Buana Mitra Perwira, sambung dia, juga akan ikut mendampingi pelaku usaha dalam mengatasi persoalan manajemen. “Kami tidak hanya berorientasi pada target pembiayaan, tapi kami ikut mengedukasi tentang manajemen usaha dan pemasaran,” kata Aman.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42