Logo kotaperwira.com

5 Bupati Kembali Matangkan Pengembangan Bandara Wirasaba

PURBALINGGA – Keseriusan 5 kabupaten dalam menyiapkan lapangan udara (Lanud) Wirasaba menjadi bandara komersial semakin nyata. Rencananya, Sabtu (6/10) hari ini, 5 bupati kembali bertemu untuk membahas pematangan operasionalisasi Lanud itu, di ruang kerja Bupati Purbalingga.

Pembahasan dilakukan oleh Bupati Banyumas, Bupati Kebumen, Bupati Banjarnegara, Bupati Wonosobo dan Bupati Purbalingga. Kasubag Analisis dan Kemitraan Media Bagian Humas Setda Purbalingga Ir Prayitno MSi menjelaskan, pertemuan ini sebagai tindak lanjut sejumlah pertemuan sebelumnya. “Para Kepala Bappeda tiap kabupaten juga akan mendampingi Bupati masing- masing,” ujarnya, Jumat (5/10).

Seperti diketahui, beberapa waktu sebelumnya, kelima bupati itu telah menghadap Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Imam Sufaat dan Panglima Komando Operasi (Pangkoopsau) I Marsda TNI Bagus Puruhito di Mabes AU, Cilangkap, Jakarta.

Kemudian dilanjutkan dengan kunjungan petinggi TNI AU itu ke Purbalingga sembari meninjau Lanud. Termasuk kunjungan oleh Gubernur Bibit Waluyo yang siap mendukung pengambangan bandara komersial itu..

“Mabes TNI AU telah memberikan lampu hijau untuk operasionalisasi Lanud Wirasaba menjadi bandara komersial. Tinggal teknis kerjasama dan perijinan kepada Kementerian Perhubungan yang sedang diselesaikan. Selain perijinan, tahapan lainnya yaitu pembenahan teknis untuk keamanan penerbangan.juga sedang dilakukan,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan, untuk mewujudkan Lanud Wirasaba sebagai bandara komersial sudah dirintis sejak tahun 2006. Pada tahun itu dilakukan studi kelayakan pengembangan pangkalan udara Wirasaba menjadi lapangan udara komersil. Tahun 2007 dilakukan penyusunan rencana induk pengembangan (RIP) master plan Lanud Wirasaba.

Kemudian masih pada tahun 2007, ditetapkan ijin pemanfaatan Lanud Wirasaba menjadi bandara komersil dengan surat KSAU tertanggal 30 April 2007. Pada tahun 2008 disusun Detail Enginering Design (DED) dan dituangkan dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang kemudian ditetapkan dalam Perda nomor 5 tahun 2011.

“Tahun ini hingga 2013 mendatang sedang dibangun jembatan Linggamas yang menghubungkan Purbalingga dan Banyumas bagian Selatan. Karena sebagai jalan akses rencana menuju bandara komersial itu,” paparnya. Sumber: Radar Banyumas.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42