Logo kotaperwira.com

40 Peserta Bersaing Menjadi Duta Wisata Purbalingga

Purbalingga – Sebanyak 40 muda mudi Purbalingga bersaing merebut gelar Kakang-Mbekayu Purbalingga Tahun 2011 sekaligus menjadi Duta Wisata Purbalingga. Sebelumnya gelar Kakang-Mbekayu Purbalingga 2010 dipegang Adhis Prihantara, perwakilan dari Purbasari Pancuran Mas dan Dian Fitri Anggraeni dari Kesatuan Mahasiswa Purbalingga (Kemangga) Yogyakarta.

“Sebenarnya peserta yang mendaftar 43 orang yakni calon Kakang 20 orang dan Mbekayu 23 orang. Namun ada 3 peserta mengundurkan diri sehingga tersisa 40 peserta,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) Purbalingga Drs Suyitno di sela-sela grand final pemilihan Kakang Mbekayu Duta Wisata Purbalingga di Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas, Sabtu (08/10).

Dikatakan Suyitno, semua calon peserta Kakang-Mbekayu Purbalingga Tahun 2011 wajib memiliki pengetahuan tentang pariwisata di wilayah kabupaten Purbalingga. Karena bila kelak berhasil meraih predikat Kakang-Mbekayu Purbalingga, keduanya akan dinobatkan sebagai Duta Wisata Purbalingga untuk mengikuti ajang serupa di tingkat provinsi Jawa Tengah.

Untuk memastikan calon Kakang-Mbekayu mengerti dunia pariwisata di Purbalingga, panitia pemilihan mewajibkan calon peserta untuk membuat karya tulis minimal 5 halaman. Karya tulis berisi tentang kepariwisataan di kabupaten Purbalingga.

“Sebagai calon duta wisata, harus memiliki pengetahuan kepariwisataan di wilayah Kabupaten Purbalingga,” katanya.

Sementara itu, Bupati Purbalingga Drs H Heru Sudjatmoko M.Si menyambut baik diselenggarakanya Pemilihan Kakang-Mbekayu Purbalingga. Ajang yang telah dilaksanakan sejak 2002, menurut Bupati tidak lepas dari upaya mengembangkan sektor pariwisata di Purbalingga.

“Kakang-Mbekayu yang akan dinobatkan sebagai Duta Wisata Purbalingga tentu tidak hanya ganteng dan cantik saja. Mereka harus punya pengetahuan yang memadai tentang Purbalingga. Sehingga kelak mereka mampu mengemban tugas mempromosikan pariwisata Purbalingga,” pesan Bupati kepada para juri.

Menyinggung soal pengembangan pariwisata di Purbalingga, Bupati Heru menyampaikan komitmennya untuk terus menjadikan pariwisata sebagai andalan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Menurutnya membangun sektor pariwisata diyakini memiliki multiplayer effect yang sangat luas.

“Tumbuhnya obyek wisata juga memacu tumbuhnya usaha kecil dan mikro. Tidak hanya disekitar obyek wisata, tapi juga menumbuhkan sektor penunjang wisata lainnya seperti kuliner dan pengembangan seni budaya,” katanya.

Dalam menyiapkan calon Duta Wisata Purbalingga, panitia pemilihan telah serangkaian kegiatan diantaranya tes tertulis dan wawancara pada Selasa (4/10). Kirab keliling kota dan sesi pemotretan di Usman Janatin Park (6/10) termasuk beauty class dan perawatan tubuh pada Jum’at (7/10).

Tags: , , , , , , , , , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42