Logo kotaperwira.com

25 Peserta Ikuti TOT RBM PNPM Mandiri Perdesaan

PURBALINGGA – Sebanyak 25 orang peserta mengikuti Training of Trainer (TOT) Ruang Belajar Masyarakat (RBM) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Nasional (PNPM) Mandiri Perdesaan. Pelatihan berlangsung di Owabong Cottage selama tiga hari sejak Senin (12/12).

Ketua panitia pelaksana Tulus Priyono mengatakan, peserta pelatihan berasal dari berbagai kelompok kerja (Pokja) RBM seperti Pokja CMB (community base monitoring), pokja advokasi hukum, pokja media dan komunikasi, pokja pemberdayaan perempuan, serta pokja penguatan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat. “Sesuai dengan tugas masing-masing Pokja, RBM PNPM Purbalingga nantinya akan mensosialisasikan dan mengembangkan kegiatan belajar kolektif masyarakat,” kata Tulus Priyono, Senin (12/12).

Sementara itu Penanggungjawab Operasional Kegiatan (PJOK) PNPM Purbalingga Nanang Eko Wasono saat membuka pelatihan mengharapkan, RBM yang telah dibentuk diharapkan menjadi semacam litbang-nya PNPM. Setelah mendapat pelatihan, anggota RBM diharapkan juga dapat memberikan masukan guna peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat miskin yang jumlahnya sekitar 22 persen dari jumlah penduduk Purbalingga sebanyak 936.000 orang.

“Setelah dilatih, kami berharap anggota RBM dapat beraksi kepada masyarakat melalui bidang kelompok kerjanya masing-masing,” harap Nanang Eko yang juga Kabid Pemberdayaan Masyarakat pada Bapermasdes Kabupaten Purbalingga.

RBM di Purbalingga, lanjut Nanang Eko, diharapkan dapat mendorong pemangku kebijakan lain untuk terus membantu pelaksanaan program PNPM di masyarakat. “Kami juga akan belajar tentang pengelolaan RBM seperti di Jombang Jatim atau di Pemalang Jateng, yang sudah dinilai bagus dalam mengembangkan PNPM,” tambah Nanang.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42