Logo kotaperwira.com

20 KK di Purbalingga Siap Bertransmigrasi

PURBALINGGA – Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Purbalingga kembali memberangkatkan calon peserta transmigrasi. Pemberangkatan mereka akan dilaksanakan pada pertengahan November tahun ini dengan kuota kurang lebih 20 kepala keluarga. Mereka akan diberangkatkan ke Provinsi Kalimantan Tengah.

Pada Oktober, Dinsosnakertrans juga telah memberangkatkan 10 kepala keluarga ke Provinsi Sumatera Selatan. Jadi total kuota transmigrasi untuk tahun ini sebanyak 30 kepala keluarga. Alokasi anggaran transmigrasi dari APBN dan APBD II.

Menurut Kepala Dinsosnakertrans Ngudiarto, peserta transmigrasi yang telah dan akan diberangkatkan tersebut sebelumnya mengikuti seleksi administrasi. Seleksi transmigrasi biasanya mensyaratkan usia produktif, memiliki ketrampilan dan standar tingkat pendidikan minimal tingkat SMP. “Kami melaksanakan seleksi sesuai prosedur yang ada,” katanya.

Ngudiarto juga mengemukakan, peserta transmigrasi mendapat fasilitas dari pemerintah berupa lahan pertanian seluas dua hektare, bangunan rumah dan sembako selama setahun. Sementara dari pemkab, peserta transmigrasi mendapatkan bantuan Rp 2 juta. “Kami selalu memantau perkembangan warga yang tinggal di luar Jawa, di samping menjaga komunikasi dengan daerah penerima,” kata dia.

Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinsosnakertrans, Sugeng Prayitno, menambahkan minat warga mendaftarkan diri untuk bertransmigrasi ke luar Jawa cukup tinggi. “Jumlah pendaftar transmigrasi jumlahnya ratusan kepala keluarga, tapi kuotanya tahun ini cuma untuk 30 kepala keluarga,” katanya.

Tags: ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42